Produk Perawatan Rambut Keriting yang Murah dan Bagus


Hi all,

Siapa yang bangga dengan rambut keritingnya??? *tunjuk tangan!!!*
First of all, kalian pada nyadar nggak sih kalau rambut bertekstur  gelombang atau keriting lagi tren banget sekarang? Jadi, nggak perlu lagi merasa minder punya rambut megar dan keriting, karena rambut tipe kayak kita itu unik, mahal, dan banyak orang yang mau. TRUST ME!

Lihat aja artis-artis sekarang, banyak dari mereka yang berambut lurus dibikin keriting atau gelombang supaya bisa lebih ber-volume. Lihat aja beberapa fashion runway juga menampilkan model dengan rambut bertekstur. Terus, iklan shampoo di Indonesia juga udah mulai menampilkan model berambut keriting kok. It means that you must be proud of your curly hair, okaaay?!

Nah, supaya rambut keriting atau gelombang kamu terlihat bagus, aku mau share perawatan rambut keriting aku yang akhir-akhir ini cocok dan bagus buat mendefisinikan pola keriting rambut aku. Tenang aja! Sebagian produk yang aku tulis di bawah ini mudah didapatkan di supermarket atau drugstore dengan harga terjangkau. 


Shampoo
Kalau shampoo, aku kadang ganti-ganti. Sekarang ini, aku lagi butuh shampoo yang ada sulfate –nya karena styling products yang lain itu ada kandungan silicone-nya. Btw, aku nggak bakal bahas panjang lebar tentang dua kandungan tersebut efeknya buat rambut apa. Just do your own research to get the detailed info ya!

Shortly, silicone nggak bisa dibersihin hanya dengan air, tapi kabarnya bisa dibersihkan dengan sulfate. Dan, aku merasa kalau shampoo dengan kandungan sulfate itu lebih ngebersihin rambut aku. Apalagi, karena kantor aku makin jauh, aku lebih lama naik transportasi umum di jalanan. Itu sebabnya rambut aku banyak kena polusi dan sinar panas matahari. Cuaca dan udara pun semakin lembap karena hujan terus, sehingga rambut jadi lumayan cepet berminyak dan kotor.

Untuk shampoo, aku pake Natur Shampoo Ginseng Extract atau Sunsilk Co-Creation Nourishing Soft and Smooth. Kalau Natur busanya nggak terlalu banyak walau ada sulfate. Sementara, Sunsilk sebaliknya. Tapi, surprisingly, formula Sunsilk bagus banget di rambut aku. Bener-bener bikin lembut saat lagi keramas dan bukan hanya bualan belaka! Plus, kedua shampoo yang mudah dicari ini nggak bikin ketombean di rambut aku. 

Dok. Pribadi

Sumber: Amazon



Conditioner
I must say: Semua orang berambut keriting punya nama tengah “conditioner”. Iya, itu karena saking sebegitu pentingnya conditioner dalam membantu kehidupan kita yang berambut keriting jadi lebih baik. Surely, we can’t live without it!

Kita butuh conditioner karena rambut keriting biasanya kering dan kasar. Kenapa? Karena sebum (pelumas/minyak rambut alami dari kulit kepala) lebih sulit menempel pada batang rambut yang meliuk-liuk alias keriting atau gelombang. Makanya, kita butuh conditioner untuk melembapkan dan melembutkan rambut kita yang kering dan kasar. Dengan rambut yang lembut, tentunya pola keritingnya itu lebih mudah ditata.

Untuk produknya sendiri, aku sempat coba beberapa produk di supermarket yang cocok di aku, yaitu Pantene Miracle 3 Minute Conditioner, Dove Nourishing Oil Conditioner, Sunsilk Soft and Smooth Conditioner. Untuk saat ini, aku lagi pake Dove. Wanginya enak, tapi agak bikin ngembang rambut.  Kalau Pantene juga bagus dan bikin keriting jadi terdefinisi. Sementara, Sunsilk, hasilnya di rambut aku benar-benar melembutkan, tapi nggak terlalu bikin keriting terdefinisi dan malah jadi loose.

Sumber: Id Price

Dok. Pribadi

Sumber: Songmart


Nah, kalau di drug store gitu, aku suka pake Petal Fresh Anti-Frizz Lavender atau Nature by Watson yang Marula. Dua-duanya cukup bagus untuk melembutkan, menata rambut keriting, dan bagusnya nggak mengandung silicone. Tapi, lagi-lagi, aku nggak menantang conditioner dengan silicone, karena rambut keriting aku pun cocok dengan itu. 

Sumber: Walmart


Hair Oil
Minyak rambut bagaikan si pelengkap conditioner untuk ngebantu perannya melembapkan dan menyehatkan rambut keriting kita. Termasuk, mencegah ujung bercabang. Aku pake minyak rambut selagi rambut masih basah (nggak lembap, tapi basah loh yah..). Jadi, habis keramas aku lap air yang masih netes di rambut dengan kain katun. Baru deh langsung pake minyak rambut agar lebih mudah ditata keritingnya.

Saat ini aku lagi intens pake Kriwil Hair Oil Coconut Vanila untuk rambut keriting yang lebih lembut dan terdefinisi. Teksturnya sedikit lebih kental, jadi sehabis pemakaian ke rambut, minyak agak nempel di tangan. Nah, kalau aku lagi pengen minyak rambut dengan tekstur yang ringan dan nggak lengket di tangan, aku pake Botanecco Garden Argan & Virgin Olive Oil. Yang ini juga bikin lembut. Saran dari aku, kalau pake kedua minyak rambut ini jangan kena kulit kepala biar nggak ketombean (soalnya aku pernah pake sedikit ke pangkal rambut dan jadi ketombean). Sama halnya saat mengaplikasikan conditioner ke rambut, cukup dari tengah (tapi agak ke atas sedikit) sampai ujung rambut.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi



Curl Creme / Styling Gel
Nahhhhhhh….. krim rambut juga penting banget! Nggak kalah penting dari conditioner. Istilahnya kalau conditioner berperan menata rambut kita saat masih basah, kalau krim untuk menjaga tatanan rambut menuju kering agar tetap terdefinisi seperti saat rambut sedang basah. Jadi, nggak ngembang berantakan dan ambyar kayak ampas gitu loh… (what the hell “ampas”?!).

Krim cocok dipakai sehari-hari. Kalau gel, mungkin aku pake saat ada acara penting yang membuat rambut keriting mau nggak mau harus kaku seharian. Produk buat krim, aku pake Boots Curl Crème yang aku jastip sama temen di Thailand. Harga sekitar Rp 50.000 –an. Dan, asli, untuk harga semurah itu krimnya bagus banget! Dia bikin keriting aku sangat terdefinisi dan lumayan tahan lama. Sekitar 8-10 jam lah.

Dok. Pribadi


Selain itu, aku juga sempat beli Lakme Curl Activatior Balm di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 200.000 –an. Wanginya lumayan enak dan cukup mendefinisikan keriting dengan baik walau nggak terlalu nampol. Tapi, krim ini bakal cocok buat rambut kamu yang keritingnya cenderung wavy gitu.
Dok. Pribadi

Untuk gel, aku pake Makarizo Styling Gel Wet Look. Ini cukup ringan, nggak bikin kaku, dan bikin keriting jadi terdefinisi banget. Kalau mau pake gel, aku biasanya apply sedikit minyak rambut dulu ke rambut, baru pake gel. Supaya hasilnya nggak terlalu kaku, tapi tetep shiny dan terdefinsi.
Sumber: Makarizo Store



Hair Creambath dan Hair Mask
Lagi-lagi, aku mesti bilang, rambut keriting itu butuh perawatan ekstra! Super ekstra kalau kamu mau pola keriting di rambut kamu kelihatan cantik. Makanya, selain conditioner, hair oil, dan krim rambut, kamu juga butuh hair mask atau hair creambath untuk menutrisi rambut keriting. Biasanya digunakan selama sekali atau dua kali seminggu (tergantung kebutuhan rambut).

Perbedaan antara hair mask dan hair creambath terletak pada fungsinya. Kalau formula hair mask itu benar-benar menyerap sampai batang rambut dan sangat cocok buat merawat rambut dari kerusakkan yang parah atau kering banget-bangetan. Misalnya, ketika rambut usai pewarnaan, pelurusan, pengeritingan, dan lainnya. Sementara, hair creambath berfungsi menutrisi dan melembutkan walau nggak se-menyerap hair mask dan cukup sampai permukaan rambut. Tapi, wangi dari hair creambath biasanya lebih tahan lama daripada hair mask.

Aku sendiri pake hair mask L’oreal Smooth Intense yang bikin rambut aku lembut dan nggak megar. Sedangkan, hair creambath favorit aku adalah Makarizo Fibertherapy Royal Jelly Extract. Wanginya sangat enak dan tahan lama banget. Bisa tahan 2-3 hari. Aku sendiri merasa kalau rutin masker-an atau creambath tiap seminggu sekali, rambut aku jadi lebih nurut, kuat, dan sehat.


SumberL Tokopedia



Hair Spray Anti Frizz
Hair spray itu optional ya, guys. Akhir-akhir ini, aku lagi penasaran gimana manfaat pake spray anti-frizz di rambut keriting. Terus, aku beli Makarizo Anti Frizz Spray yang kecil dulu. Pas aku coba seminggu ini ternyata efek yang aku rasain bikin semakin lembut. Kalo soal nggak mekar, aku rasa produk ini nggak bisa “berdiri sendiri”. Harus didukung dengan produk conditioner, krim rambut, dan minyak rambut. Menurut aku, spray berfungsi sebagai “sentuhan akhir” yang supporting produk-produk itu supaya rambut nggak mekar. But, it’s still worth to try!

Dok. Pribadi



Catatan
Produk yang aku sebutkan di atas yang memang terbukti cocok buat aku dan juga rekomendasi beberapa orang dengan rambut keriting. Tapi, ingat, walau bagus di aku, belum tentu cocok di rambut ,kalian. So. be a smart buyer!


Ini hasil pake Natur Shampoo -> Makarizo Hair Energy Fibertherapy -> Dove Nourishing Oil Conditioner -> Kriwil Hair Oil Coconut Vanilla -> Boots Curl Creme -> Makarizo Anti Frizz Hair Spray


Tipe rambut keriting : 3A & 3B



Btw, aku baru aja potong rambut pendek banget. Jadi seleher.  Sebenarnya, aku mau banget panjangin rambut keriting ini. Tapi, sayangnya, belakangan ini lagi nggak sempet ngerawat rambut keriting yang harus ekstra banget. Dan, kebetulan… tahun ini rambut pendek lagi jadi tren juga. So, why don’t we give it a try? Selain nggak ribet, produk perawatan juga nggak cepet habis, lho! Hahhahaha.

Comments