Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di Cakap (Part 1)


Seberapa pentingnya sih bahasa Inggris di dalam kehidupan kita?

Menurutku, menguasai bahasa Inggris bukanlah pilihan, tapi kewajiban. Sebagai bahasa internasional, kehidupan kita nggak lepas dari penggunaan bahasa Inggris. Mulai dari bahasa pemograman aplikasi di smartphone bahkan sampai beberapa interview kerjaan juga WAJIB dilaksanakan pake bahasa Inggris.

Nah, karena profesiku digital content writer, aku sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan. Tapi, sayangnya, penguasaan bahasa Inggris aku dalam percakapan agak kaku karena jarang banget digunakan sehari-hari. Maklum, sehari-hari pake bahasa gaol getoooh.... *kidding XD

Tentunya, nggak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris. Meski sudah banyak belajar tentang bahasa Inggris dari kecil, aku masih ingin belajar dan improve skill yang aku punya. Maka dari itu, aku cari cara untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang praktis, fleksibel, dan nggak terlu pricey. Nah, pas banget aku lihat iklan aplikasi Cakap di Youtube yang menawarkan English online course. Eits, ini bukan sponsor (but I hope they’d give me free class for this post. Haha).


Sekilas Tentang Cakap 

Kursus bahasa Inggris online. Sumber: Cakap.com


Pertama kali diperkenalkan kepada publik pada April 2016, Cakap merupakan platform belajar bahasa asing secara online.  Sebelum rebranding, kursus ini dinamakan Squiline dan sudah berdiri sejak 2014. Layanan utama yang disediakan adalah kursus online bahasa asing, meliputi bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin.  Adapun metode yang digunakan adalah interaksi dua arah antara peserta dengan pengajar melalui fitur video call dan chat dari platform Cakap.


Program Paket Bahasa Inggris di Cakap

Paket kelas private bahasa Inggris di Cakap meliputi English Brush Up, English Skills Building, dan English Intensive. Yang membedakan ketiga program tersebut adalah jumlah sesi, durasi peserta belajar per sesinya, dan tentu harganya. Semakin banyak sesi dan lama durasi belajar, semakin intense kamu belajar juga. Termasuk semakin mahal bayarnya.
Informasi selengkapnya (termasuk harga) bisa dilihat di https://cakap.com/paket-bahasa-inggris/ .


Langkah Kursus Bahasa Inggris Di Cakap

1.       Mengisi Data Diri
Seperti pendaftaran akun pada umumnya, user harus mengisi data diri di aplikasi, seperti nama lengkap, gender, tanggal lahir, dan sebagainya. Kalau nggak salah bakal ada kuisioner singkat untuk mengetahui tujuan user menggunakan Cakap.

2.       Ikut Trial Class
Sebagai calon peserta, aku juga belum tahu pengajaran yang diberikan legit atau nggak. Baru ada sedikit review tentang pengalaman mengikuti Cakap, tapi aku masih belum yakin. Maka dari itu, aku ikut free trial class dari Cakap selama 25 menit melalui video call di aplikasi Cakap untuk melihat konsep pembelajaran dan kualitas pengajarnya.

Saat itu, pengajarnya adalah Ms. Allaine Allambra, tutor asal Filipina yang sekarang jadi salah satu tutor favoritku saat ini. Background singkat tentangnya, ia telah mengajar English as Second Language (ESL) meliputi grammar, reading, speaking, writing dan kelas vocabulary selama hampir 8 tahun. Murid-muridnya mulai dari level beginner sampai advance.

Di trial class tersebut, kita akan diberikan pertanyaan terkait materi presentasi yang ditampilkan. Ini sekaligus bertujuan untuk menguji tingkat kemampuan berbahasa Inggris kita sampai mana sebelum kita ingin mengambil kelas private. Tingkat kemampuan kita menentukan materi yang akan diajarkan oleh pengajar.

Setelah mengikuti trial class, baru deh aku cukup yakin kalau pengajarnya menjanjikan. Menurutku, Ms. Allaine memiliki pronounciation yang benar-benar native dan sabar dalam mendengar percakapan. Usai kelas tersebut, level kelas akan berganti di aplikasi beberapa menit kemudian sesuai dengan penilaian tutor pada saat trial class.


Level kelas akan ditentukan oleh pengajar setelah mengikuti trial class

-         
3.       Melakukan Pembayaran

Karena aku sudah mantap untuk mengikuti private class, aku langsung menghubungi customer service via Whatsapp untuk melakukan pembayaran. Aku memilih program English Brush Up selama tiga bulan (total 90 sesi) dengan durasi belajar 25 menit / sesi setiap hari. Pas banget aku dapat promo, jadi biaya yang dikeluarkan Rp 2.250.000. Sekarang, aku kurang tahu berapa, tapi kamu bisa lihat di website nya langsung.

Setelah itu, admin akan memproses pembayaran dan menunggu 1x24 jam untuk bisa mengikuti private class. Baru deh aku menerima notifikasi melalui chat di Whatsapp.
-         

4.       Memesan Kelas

Berikut cara memesan kelas private bahasa Inggris di Cakap:
  • Pilih fitur Cakap Private di beranda (home), 








  • Pencet fitur Pesan Kelas. 
  • Pesan kelas sesuai jadwal dan pengajar yang tersedia
Jadwal kelas sangat fleksibel dan bisa dipilih per hari-nya


Pengajar bisa dipilih sesuai dengan jadwal yang tersedia. Kita bisa melihat profil lengkap di fitur "Detil". 





* Dengan catatan, kamu boleh cancel kelas dalam kurun waktu 3 jam sebelum kelas dimulai. Kurang dari 3 jam, kamu nggak bisa cancel kelas sama sekali. Dan, toleransi keterlambatan masuk kelas hanya 5 menit. Jika lewat dari itu, kamu dianggap absen kelas dan nggak ada pergantian kelas.




Review Kursus Bahasa Inggris Online di Cakap Selama 1 Bulan Lebih

Pengajaran

Ada banyak pengajar bahasa Inggris di Cakap dan kebanyakkan dari Filipina. Tentunya, para guru telah berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris.

Mulanya, aku memang masih raba-raba pengajar mana yang sesuai dengan “selera” aku. Sekitar dua minggu, aku masih memilih pengajar yang hampir beda-beda tiap harinya.  Untungnya, mereka semua friendly, sabar, dan masing-masing karakter yang unik selama mengajar. Pengalaman yang paling menyenangkan adalah ketika dapat pengajar yang berani mengkoreksi kesalahan grammar dan memiliki pengetahuan yang luas, sehingga obrolan nggak berlangsung awkward. Beberapa teacher favoritku adalah Ms. Allaine, Ms. Aira, Ms. Madlyn, dan Ms. Neira.

Kelas online bahasa Inggris bersama Ms. Allaine di Cakap


Materi Pembelajaran di Cakap

Selama mengikuti kelas low intermediate, materi yang diberikan berupa topik ringan di kehidupan sehari-hari dan cukup menarik untuk didiskusikan. Contohnya, topik tentang pengalaman travelling dan bucket list di kehidupan kita.

Total ada 12 topik pada tingkat ini, di mana setiap topiknya memakan kurang dari 20 sesi atau hampir tiga minggu lebih untuk di case aku. Kata teacher-nya, ini termasuk cepat karena biasanya peserta lain bisa memakan waktu sampai dua bulan baru selesai satu topik. Selama mengikuti 36 sesi (aku missed dua sesi karena lupa), aku sudah masuk ke topik ke-3.

Menurutku, pembelajaran yang dilakukan lebih fokus untuk peserta dapat berekspresi, berpikir, berpendapat, dan bercerita lebih banyak. Aku merasa ilmu yang paling improve dari mengikuti materi-materinya adalah keberanian untuk berbicara, kefasihan merespon, dan penambahan vocabulary baru.

Selain itu, kita bisa melihat feedback dari para pengajar melalui fitur progress. 


Feedback dari pengajar





Plus dan Minus Kursus Bahasa Inggris Online di Cakap

Plus
  • Cakap merupakan platform yang efisien dan efektif buat aku yang nggak ingin mengeluarkan ongkos buat kursus. 
  • Jadwal yang disediakan sangat fleksibel. Mulai dari jam 08.00 – 21.00 WIB.
-           
Minus

  •           Karena bergantung dengan koneksi internet, kelancaran proses belajar-mengajar nggak selalu mulus. Saat kelas berlangsung baru 10 menit, tiba-tiba aku kehilangan pengajarnya padahal karena kesahalan teknis pada aplikasi. Artinya, aku kehilangan 15 menit untuk belajar. Terkait kasus ini, aku masih menunggu update dari CS soal pergantian waktunya.
  •           Walau CS-nya responsive, tapi mereka kurang cepat tanggap jika ada kesalahan teknis dari aplikasi saat pembelajaran.
  •           Beberapa guru masih terdengar aksen lokalnya. Walau aku masih mengerti yang mereka ungkapkan, alangkah baiknya kalau semua guru memiliki pelafalan kata yang native.


Tips Kursus Bahasa Inggris Online di  Cakap
  •  Pasang reminder / schedule di kalendar agar kamu nggak miss kelas. Satu kelas itu seharga Rp 200.000, lho!
  • Usahakan pilih pengajar yang sama tiap harinya agar melanjutkan materi lebih mudah. Pengajar yang sama ibaratnya udah tahu kemampuan dan background kita seperti apa, sehingga nggak buang-buang waktu untuk basa-basi lagi. Boleh sesekali berbeda pengajar untuk mengetahui feedback yang berbeda. Biasanya, aku tiap Sabtu atau Minggu mendaftar kelas dengan pengajar yang berbeda.
  • Standby di hari Jumat – Minggu untuk book kelas dengan pengajar favoritmu buat seminggu ke depan karena hukum siapa cepat dia dapat itu berlaku, gengs!
  • Pastikan sinyal internet kuat agar kelas berlangsung dengan efektif dan efisien.
  • Pelajari materi sebelum kelas dimulai supaya kamu nggak hanya yes no yes no kalau ditanya. At least, kamu jadi lebih tahu arah pembicaraan kemana dan bisa berinteraksi lebih seru.


Comments