7 Face Oil yang Ampuh Merawat Kulit Berjerawat




Beragam essential oil sudah banyak bermunculan dan menjadi tren perawatan kulit wajah masa kini. Saking bervariasinya, dalam memilih jenis minyak, kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi wajah kita agar perawatan wajah jadi lebih maksimal. Apalagi, untuk kamu pemilik wajah berjerawat yang biasanya cenderung sensitif dan tidak bisa sembarangan menggunakan produk skin care. Untuk itu, berikut enam rekomendasi face oil yang cocok banget untuk merawat kulit berjerawat dan “masalah” lainnya yang kerap mengganggu.


Tea Tree Oil
Jika melihat produk perawatan wajah untuk kulit berjerawat, nggak jarang kita menemukan kandungan tea tree yang tertera sebagai bahan utamanya. Ternyata, minyak ini memang menjadi antiseptik alami yang diekstraksi dari daun pohon asli Australia bernama Melaleuca alternifolia.

Terdiri dari senyawa antimikroba, fungsi utama dari tea tree oil adalah membasmi bakteri jerawat dan mempercepat penyembuhan luka di kulit. Karena kaya akan terpinene-4-ol, berbagai penelitian membuktikkan bahwa tea tree oil sama efektifnya dengan obat dermatologis untuk jerawat.


Tamanu Oil
Berasal dari ekstrak biji atau kacang pohon tamanu, tamanu oil bertekstur sedikit kental dengan warna hijau tua pekat dan bau yang menyengat. Minyak ini sedang populer di kalangan perempuan untuk membasi jerawat dan bekas jerawat yang membandel.

Tamanu oil mengandung antimicrobial, anti-bakteri, dan anti-inflamasi untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Selain menyembuhkan, minyak yang mengandung asam lemak oleic acid ini juga dapat mengusir bekas jerawat dengan merangsang pertumbuhan sel baru, serta mengontrol minyak berlebih yang dapat menyumbat pori.


Rosehip Seed Oil
Rosehip seed oil menjadi salah satu minyak yang paling populer di dunia skin care, apalagi semenjak selebriti dan public figure kelas dunia ikut memakai minyak tumbuhan yang diekstrak dari buah mawar semak ini. Sebut saja Miranda Kerr, Kate Middleton, dan Victoria Beckham.

Nyatanya, rosehip seed oil memang punya banyak manfaat. Minyak ini mengandung berbagai asam lemak esensial yang berperan untuk mengobati bekas jerawat dengan meregenerasi jaringan dan sel kulit. Terdapat juga vitamin A dan C yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan merawat kulit dari tanda penuaan dini. Dengan tekstur yang ringan, kulit wajah akan selalu lembap tanpa menyumbat pori-pori.


Grapeseed Oil
Siapa sangka biji anggur bisa dijadikan minyak yang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah? Apalagi, untuk kamu dengan permasalahan kulit berjerawat yang meradang. Berkat kandungan zat anti-inflammatory, oleic acid dan linoleid acid, minyak ini dapat meredakan peradangan pada jerawat dan mengontrol kelebihan produksi sebum yang membuat wajah berminyak. Tapi, karena kaya dengan linoleid acid yang membuat kulit teroksidasi pada siang hari, penggunaan minyak ini hanya dianjurkan tiap malam saja. 

Grapeseed oil juga kaya akan anti-oksidan dan oligomeric proanthocyanidins complex (OPC) untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah, seperti mengurangi kerutan dan membuat kulit tetap kenyal. Minyak ini juga mudah diserap kulit dan mampu mengembalikan pH balance pada wajah.


Jojoba Oil
Berfungsi untuk melembapkan, biasanya kandungan jojoba oil sering kita lihat di produk pelembap, seperti lip balm. Ternyata, studi menemukan bahwa minyak yang diekstrak dari biji semak Jojoba ini juga berguna untuk merawat kulit berjerawat dan menyeimbangkan produksi minyak kulit. Dengan teksur minyak ringan dan sifatnya non-comedogenic, minyak juga nggak bikin berminyak dan menyumbat pori-pori.

Jojoba oil memiliki kandungan wax ester yang berfungsi melembapkan kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Meski membuat kondisi kulit senantiasa lembap, minyak ini nggak membuat wajah semakin berminyak. Selain itu, terdapat vitamin E yang mencegah proses oksidasi pada kulit.


Argan Oil
Argan oil menjadi resep kecantikan kulit para gadis di Timur Tengah sejak sebelum masehi. Berasal dari ekstrak biji pohon di Moroko, minyak ini mengandung asam lemak, linoleic, antioksidan dan vitamin E yang bermanfaat untuk melembapkan wajah, sekaligus mencegah jerawat.

Tekstur minyak argan nggak terlalu kental ataupun cair. Tapi, kamu nggak perlu takut jika wajah akan berminyak usai mengaplikasikan minyak argan, karena kandungan di dalamnya justru mengontrol sebum dan cepat menyerap ke dalam kulit. Selain untuk wajah, argan oil juga memiliki sejumlah manfaat untuk bagian tubuh lainnya. Mulai dari melembutkan rambut, bahkan sampai menebalkan bulu mata.


Almond Oil
Buat kamu yang ingin fokus mengusir bekas jerawat di kulit, almond oil bakal berfungsi dengan baik. Termasuk untuk mencegah terjadinya penuaan, mencerahkan warna kulit yang belang, anti flek, dan lainnya. Minyak ini cocok untuk segala jenis kulit.

Comments