5 CARA MUDAH JADI WARGA MEDSOS YANG BIJAK

Punya akun media sosial tentunya bikin kita semakin bebas berpendapat dan berkreativitas. Tapi, tentunya kebebasan itu punya batas dan aturan, karena untuk segala sesuatu yang kita buat bisa berdampak buat kita. So, it means we must be wise and know the rules first before we say and share something on social media. Simak lima poin-poin di bawah ini yang perlu kita inget sebagai warga medsos yang bijak!

Think before we do something
It’s an easy way to start doing something. Think before we do something means we must be careful with the words we want to say or the acts we want to do. Apa pesannya memang usefulIs it necessary? Is it true? Or is it rude? At least, sesuatu yang kita share di media sosial gak merugikan orang lain, apalagi diri sendiri. Pikir lagi deh kalau mau tulis status yang isinya nyindir-nyindir orang mulu. Pikir lagi deh kalo mau tulis status maki-maki orang dengan kata-kata kasar, apalagi yang ada kata binatang. Pikir lagi deh kalau mau posting video begajulan-begajulan nakal. Gak enak kan karena hal ini, akhirnya banyak orang yang baca atau nonton jadi gak nyaman, berprasangka buruk sama kita, bahkan sampe unfollow kita? So, watch out your steps, guys!

2.     Selektif dan serba check ‘n re-check sama informasi
Sebelum baca dan men-share informasi, kita juga harus bisa selektif sama sumbernya. Sekarang di media sosial banyak banget berita hoax tersebar. Kita harus kenali dan hati-hati sama media, apalagi jika medianya adalah blog yang cenderung utamain “clickbait” alias berita yang cuma heboh di judul, tapi isinya gak ada, gak sama, atau gak seheboh judulnya. Contohnya gini: “GEGER! SI BAKWAN YANG DULUNYA ARTIS, SEKARANG BEGINI NASIBNYA!” atau “HEBOH VIDEO NIKITA MUJAER SAMA SI OTONG!”. Dan pas kalian klik judulnya, ternyata berita gak seheboh itu atau mungkin gak ada apa-apaan. Malah bahkan kita sering dialihin ke website lain (yah ketauan pernah jadi korban clickbait..)
Well, just don’t click clickbait, guys! Karena semakin kita klik berita tersebut, apalagi share linknya, semakin untung media yang sebar informasinya, sementara kita gak dapet something worth to be read

3.     Be an informative one
Jadi seseorang yang bisa kasih informasi penting dan bermanfaat bagi banyak orang pasti keren banget. Dari pada terlalu over sharing soal kehidupan pribadi kita di medsos, lebih baik lagi diimbangi informasi tentang pengetahuan juga. Misalnya, berbagi informasi mengenai tema health lifestyleself-helpreview restaurant atau produk yang kita pakai dan sebagainya. Yang pasti informasi itu jelas dan berdasarkan fakta juga yaa.. kan enak, orang lain yang ngeliat postingan situ jadi mantap jiwa (istilah anak-anak jaman sekarang kalo tau sesuatu yang keren). 

4.     Follow the inspiration ones for us
Selain temen-temen atau keluarga dekat, following kita mungkin gak jauh dari kalangan public figure, influencer or even seleb-seleb media sosial (selebgram: seleb Instagram, seleb Ask: seleb Ask Fm). Following a lot of people might be able to bring the inspiration to us. Tapi, kita juga harus bisa filter mana yang bener-bener kasih inspirasi, mana yang hanya cari sensasi. Nah, yang cari sensasi atau ngomong-ngomong kasar, kelakuan begajulan, yang asal ngasih pesan moral macem :  boleh nakal asal gak narkobaan .. Halah.. guys, open your eyes! Yang begini lebih baik tinggalin aja deh jauh-jauh. Don’t you agree with the statement: don’t make stupid people famous?

5.     Be kind and spread the positive vibes
That’s good for us to spread peace to people. Bukan bermaksud sok bijak, sok iya, sok paling bener. But, seriously, kalo liat kata-kata kasar dan komentar-komentar negatif yang menjamur di media sosial rasanya gak etis dan bikin kezel banget. Apalagi menyangkut berita-berita berbau politik. Udah deh. Berasa pada paham politik semua itu orang-orang. Mending yang paham beneran. Yang nggak malah jatohnya jadi provokatif. Well, intinya sih gak ada salahnya kita menebarkan kebaikan. Mungkin dengan share pengalaman berharga kita, wisdom quote, and there’s a lot of way to do. Sadar gak sadar, nyebarin hal positif bikin kita dan orang lain tambah semangat, lho! 







Comments