Cantik adalah...

SELAMAT HARI KARTINI para perempuan-perempuan tangguh dan cantik di luar sana!

Saya sangat bangga menggunakan kata “cantik” di sini untuk menyapa para perempuan Indonesia. Memang “cantik” itu dimaknai berbeda-beda oleh setiap orang. Bagi sebagian orang, “cantik” itu relatif, karena pandangan, ukuran, dan gambaran orang soal kecantikan itu bisa berbeda-beda. Dan justru itulah saya di sini untuk memaparkan gimana cantik versi definisi saya.

Sebagian orang mungkin dilahirkan dengan wajah dan tubuh yang rupawan, mempesona, indah, yang ngebuat beberapa di antara kita yakin untuk menandai bahwa mereka adalah perempuan cantik. But the question is: is it the real meaning of the word "beautiful"?

Di Indonesia sendiri, stigma cantik terhadap perempuan itu masih menyimpang. Contohnya ga usah jauh-jauh deh. Di era globalisasi ini, kita bisa liat gimana banyak orang menggambarkan perempuan cantik lewat fenomena iklan produk-produk kecantikan di televisi. Yup! Cewek cantik itu seakan-akan harus punya rambut lurus hitam berkilau, tubuh langsing, badan tinggi, kulit putih bersinar, hidung mancung, gigi putih kinclong, dan lainnya. So, how about us yang punya rambut keriting, badan subur, hidung pesek, kulit tanning ? Apakah kita tidak cantik?

Memang realitas artis dan model-model iklan itu keliatan sempurna banget dan mungkin bikin sebagian dari kita minder, terus langsung terobsesi nyoba semua produk-produk yang mereka pakai atau iklanin. Secara gak langsung kita terjajah and finally, we forgot who we really are..

Emang gak ada yang salah ketika kita mau ngebuat penampilan kita jadi cantik. Yang keliru adalah ketika kita merubah diri kita demi memenuhi definisi cantik yang dibuat orang lain sedangkan kita sendiri tidak merasa nyaman.

Saya juga ngalamin beberapa hal yang sempet ngebuat saya minder dan gak ngerasa cantik. I have curly hair and a lil bit messy because the wrong haircut.  And there are so many people around me asked why I don’t straighten my hair. And it happened not just once or twice. When I heard that I felt embarrassed and annoyed with curly hair.

Earlier, I've straightened my hair for almost four years since high school. It all happened because I listened when people mocked my hair. But, you know for four years with straight hair, I didn't feel happy at all. I felt embarrassed because that straight hair was not me at all. And year after year, my hair didn't grow well, very bad, total damage and.... I was annoyed.

Then I decided to save hundreds of thousands to buy a hair straightener tool. But thanks God, a few moments later, I found a blogger who also has curly hair and she always shares the experience (bad and good) to have curly hair. She is Agnes Oryza. And while following her curly hair journal (which is almost the same as my own experience) on her blog, I’m so proud of her because she is so confident with her hair. And most importantly she took care of her curls amazingly and i realized that she’s beautiful.

I was touched yet embarrassed at myself why I listened to other people so that I felt insecure. Curly hair is totally awesome. Finally, I divert the savings that had I would use to buy hair straighteners to buy curly hair care products. And now, I don't care what people say about my hair because I'm proud of my curls!!


Transformation Hair


2010
2012


 
Recently 
and now, it's me. I decided to keep what God has given to me.


Menurut saya cantik itu adalah di mana perempuan bisa percaya diri dengan dirinya sendiri dan bisa nunjukkin ke orang lain kalau dia cantik apa adanya dan tau siapa dan bagaimana dia sebenarnya. No matter what color of your hair, skin..

Menurut saya cantik itu adalah ketika perempuan itu sehat, bisa sayang sama dirinya sendiri, menghargai dirinya sendiri dan menunjukkan she is worth fighting for...

Dan yang paling penting, bagi saya perempuan cantik adalah ketika dia bisa menghargai apa yang udah Tuhan kasih dan bisa ngerawat kecantikan dirinya dengan baik, inside and outside.

Girls, I tell you that beauty isn't determined by the words of others, but how we see and treat ourself well. Semua orang bisa jadi cantik kalo kita yakin sama diri sendiri.  WE ARE TRULY BEAUTIFUL JUST THE WAY WE ARE!! 

So, buat perempuan-perempuan di luar sana, yang minder sama dirinya sendiri, you gotta wake up! Jangan biarin orang lain yang mengambil kecantikan kalian. Buktikan kalo kalian itu cantik tanpa harus dengerin cemoohan orang lain.


Well, girls, don’t be affraid to be yourself. We’ll never be enough if we always listen to people’s judgements. Define and discover your natural beauty!


Cheers,

Syeba

Comments