A High Quality Girl

Sebagai perempuan, bukan hanya faktor penampilan aja yang penting, namun juga potensi dalam diri kita. Kenapa? Kita hidup di era kemajuan hak kesetaraan perempuan atas laki-laki di berbagai dimensi kehidupan. Kita juga hidup di era globalisasi, di mana teknologi semakin memudahkan kehidupan manusia, namun juga bisa jadi “boomerang” bagi siapa aja. 
Based on those two things, kita dituntut dapat melakukan berbagai peran agar dapat bertahan di era globalisasi ini, yang pastinya memiliki persaingan ketat bagi siapapun dan di bidang apapun. Kita juga harus menyesuaikan diri kita terhadap kemajuan yang ada, namun jangan sampai kebawa “arus dunia” yang negatif. 
Nah, penting banget, kan, menjadi seorang perempuan yang smart, skillfull, dan inspiring? Here’s a few things that every girl needs to be notice to be a high quality girl.

Find Your Passion For A Vision
Siapa, sih, yang gak ingin sukses? Everyone wants to be success. Tapi, keinginan jadi sukses gak cukup, kita harus tau apa kemampuan kita dan bagaimana mencapai kesuksesan itu. First, find out what’s your passion. Apa yang menjadi minat kita? Di bidang mana kita bisa menghasilkan karya? Once you figure it out, write down your future vision! Ini penting supaya kita selalu inget visi kita dan terus berusaha mencapainya. Kalau passion kita di bidang desain baju, so make the list-to-do to be a fashion designer and get your own great masterpiece!

Be Brave To Show Your Potential To People 
Jangan takut menunjukkan bakat kita kepada orang lain! Setiap orang pasti memiliki potensi di dalam diri masing-masing. It depends on how your effort to improve it. Sekarang ini, media sosial bisa jadi wadah yang bisa kita gunakan untuk menunjukkan bakat kita sendiri. You’re good in singing? So let people hear your voice on Soundcloud. You love doing D.I.Y? So, publish your own D.I.Y steps on Youtube. You are a photographer? So, share your amazing photos on Instagram. You love writing? So, make people be inspired by your writings on Blog, Wordpress, Tumlbr, etc. See? There are so many ways to show people the potential within yourself. 

Don’t Be Afraid of Criticism 
Berani berkarya, berani juga mendapatkan kritikan ya.. First thing we need to do when others criticize us is to filter it. Kita mesti tau dulu apa jenis kritiknya membangun atau menjatuhkan. Jika itu membangun, accept it. Menerima kritik memang gak mudah. Apalagi jika pengorbanan membuat suatu karya itu sungguh berat dan kita mulai mengharapkan pujian dari orang lain, tapi malah dikritik habis-habisan. Ketahuilah, jika kritik itu membangun, berarti kita memang harus memperbaiki kekurangan yang ada. Mungkin di mata kita, karya kita sudah sempurna, tapi belum tentu penilaian orang lain yang mungkin lebih berpengalaman. Come on, girls, saat kita menerima kritikan dari orang lain, kita justru belajar dari mereka agar kita dan karya kita jadi lebih baik lagi. Let’s say thanks to them and cheer up!

Don’t Be Ashamed to Be A Good Girl
Pernah dibilang cupu karena Anda terlalu rajin belajar? Pernah dibilang “nerd” karena gak suka clubbing? Don’t listen to them! Banyak kejadian di sekolah atau kampus, di mana ada aja orang sirik dengan usaha kita. Misalnya, kalau gak bolos, dibilang sok rajin. Kalo gak ngerokok, dibilang gak keren. Oh please… hidup kita bukan ditentuin sama pendapat mereka, kok. Jadi perempuan yang keren itu adalah perempuan yang berkualitas. Perempuan yang mampu “stay true to herself” di kala banyak perempuan lain jadi korban arus dunia. Being a lazy girl is not cool at all. Being a bad girl is the worst. 

Think Critically
Di zaman sekarang, banyak penawaran yang menggiurkan, isu atau fenomena berita yang heboh dan tren anak muda yang keren. Nah, dibalik ini semua kita harus berpikir kritis loh! Sebelum memutuskan percaya pada penawaran atau satu isu berita, kita harus cari tau dulu apa faktanya, informasi awal, bahkan kalau perlu cari sisi logisnya. Sekarang ini marak penipuan, baik penipuan dalam penjualan barang maupun isu di berita. Berpikir kritis membuat kita gak jadi “sasaran korban” dan “burung beo”-nya media yang malah buat kita jadi terlihat fool di mata orang lain. 
Untuk tren, kita boleh ikutin tren-tren kekinian, tapi kita harus filter dulu mana yang pas buat kita dan jangan sampai tren tersebut malah merugikan kita dari berbagai sisi. 

Be An Independent Girl 
Sebagai perempuan kita harus bisa mandiri. Mungkin kita bisa bergantung banyak ke orang lain, tapi kita harus pikir juga bagaimana kalau orang lain itu keberatan? Jadi perempuan yang mandiri membuat kita lebih strong, tough, dan gak gampang menyerah. 

Be One Of A Kind
This one is a must. It’s about stay true to ourself and be original! Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Kita gak perlu merubah diri kita demi orang lain atau merubah diri sendiri karena malu jadi diri kita yang sekarang. Girls, we don’t have to try so hard and just be the good girl we always have to be. It’s better to show the unique-side of us than follow what people say but you get nothing. 

Spread The Positive-Sides 
Independent, strong, tough, optimist, helpful, hardworker, kind, cheerful, friendly. What’s your positive side? Jadikan sisi positif kita sebagai motivasi buat diri kita sendiri, sekaligus bisa menginspirasikan orang lain. Contohnya : be a thankful person. Selalu bersyukur setiap saat memang gak gampang. Tapi kita bisa melatih diri kita untuk bersyukur mulai dari hal kecil. Bersyukur juga langkah awal kita selalu berpikir positif. Saat kita berpikir positif, kita bisa menularkan hal positif juga ke orang di sekitar kita, lho!
Kita harus bisa jadi one of a kind ketika orang lain di sekeliling kita melakukan hal yang cenderung negatif. Misalnya : gossiping. Ada yang bilang kalau perempuan itu gak jauh-jauh dari gossip, malah udah jadi nalurinya. But, girls, apa iya omongin orang lain dari belakang itu naluri kita? Hope it was not. Be dare to change the topics. Be dare to bring the positive energy.

Be A Passionate and Curious Girl
Curious girl ini dalam arti kita gak cepat puas dengan apa yang kita peroleh. Belajar, belajar, dan belajar adalah cara “curious girl” menjalani passion-nya. Banyak wadah juga buat kita belajar. Dari internet, buku-buku, bahkan gabung ke komunitas juga bisa membuat kita jadi banyak pengetahuan dan mudah mengembangkan passion kita lebih lagi.

Semoga termotivasi!

Comments