Pengalaman (belum) Magang di Gogirl Magz

Di posting-an kali ini, saya cuma mau sharing pengalaman saya di beberapa minggu belakangan ini. Rasanya, kepala dipenuhi kata magang, magang, dan magang. Kenapa? Yak, perkenalkan saya mahasiswi S1 jurnalistik, semester empat, dan punya waktu libur panjang pada Juli sampe awal September, yang artinyaaaa (zoom-in zoom-out 2x) “ini momen yang pas buat magang!”. Hanya liburan semester yang bisa menyelamatkan mahasiswa dari absen ijin, alpha, atau sakit. Hanya liburan semester yang bisa menyelamatkan mahasiswa dari kejaran tugas para dosen. Yak, dengan keinginan magang tetep aman dan tenteram, gak digubris tugas, mata kuliah, absen, dan tetek bengek lainnya, so I decided to take an intership during my holiday on July till early September. Ini udah saya rencanain mateng-mateng sampe gosong lah dari awal masuk semester empat.

Lalu, rencana memang hanya menjadi wacana kalau tak segera diwujudkan, bukan? Karena saya bakal jadi reporter, maka saya mulai buat list media cetak mana yang oke buat magang, beserta e-mail dan alamat redaksinya. Kenapa media cetak? It’s a long answer, so just skip it! But I want to tell you that I prefer magazine to newspaper. Why? First, I found my passion on the contents of magazine. I want to write about lifestyle, entertainment news, event report (baca : laporan acara-acara gaul), terutama yang mengangkat tentang isu-isu di kalangan perempuan. Second, magazine deadline is better than newspaper deadline, I think. Umumnya, majalah terbit kan mingguan atau bulanan. Sedangkan, koran itu tiap hari. Iya, tiap hari. Jadi, bisa dibayangin, kan, kalau deadline untuk beberapa berita dikerjakan hanya bisa beberapa jam aja di hari yang sama, karena berita harus dipublikasikan esok harinya? Oke, ini hanya analisa cetek + awam saya aja ya. :P Pasti ada plus minusnya antara magang di majalah atau koran. But the important thing is…………… follow your passion!

And then…. Saya telponin satu-satu media yang udah saya buat list-nya nanyain buka lowongan magang apa nggak. Dari via telepon, email, dan Line pun saya jalanin. Ternyata, gak semua media di list yang saya buat buka lowongan magang.

Singkat cerita, saya belum apply CV ke media mana pun. Masih gak yakin sama media yang ada di list saya. Terus, saya memberanikan diri iseng-iseng nyoba chat sama admin Gogirl! Magazine via Line. FYI, Gogirl! bukan salah satu media yang termasuk dalam list, soalnya saya gak pede apply di majalah rangking satu se-Indonesia itu. Ada keinginan untuk magang di Gogirl!, tapi gak ada keberanian magang di sana. Takut saya kurang gaul, takut pengetahuannya kurang, takut gak se-fashionable kayak image Gogirl! sendiri. Tapi, saya bakal terus penasaran kalau gak pernah nyoba. Setelah kirim pesan ke admin, berjam-jam gak dibales. Ok, at that time I thought that it was useless until the next day (after I texted the admin) the admin replied my message and gave me a detail information about internship in Gogirl! magz. Yeay! Saya gak tau kalau ternyata beneran dibales sama adminnya waktu nanya Gogirl! buka magang apa nggak. Well, it was glad to know that Gogirl! opened recruitment for reporter. Saya pun kirim CV, portofolio (karya tulisan saya), dan surat lamaran ke e-mail yang dituju. Waktu pertama ngirim, saya buru-buru ngebuat dan ngedesainnya, karena pada saat itu lagi ada Ujian Tengah Semester. Tapi saya tetep kirim dengan harap-harap cemas sambil terus berdoa.
Saat itu, saya nunggu seminggu e-mail dari Gogirl!. Tiap hari kerjaannya refresh e-mail melulu, tapi yang ada mail dari orang lain. Sakitnya tuh di sini (nunjukkin jantung). Dan.. udah seminggu gak ada kabar, rasanya cukup sedih. I thought “I’m not gonna make it”. Tapi, berbekal keberanian dan sejumput kepercayaan kalau gak ada yang gak mungkin, saya gak mau nyerah gitu aja dan termakan rasa penasaran “apa karena CV saya kurang bagus? Atau portofolionya kurang kece?”. Jadi, saya memutuskan kirim lagi CV, surat lamaran dan portofolionya. Sounds crazy, rite? But I don’t care. You need to be crazy to pursue your dream, uh? Yeah. Being a reporter in Gogirl! Magz is one of my dreams.

Akhirnya, saya buat lagi CV dan portofolio yang baru. I made a creative CV and added a fashion spread for portofolio. Kayanya gak nyambung ya fashion spread dijadiin portofolio buat magang reporter? No no no. I just tried anything that possible for showing my best effort. Just like this :


Karena ini kesempatan terakhir (karena saya gak mau kirim ulang lagi), saya buat yang terbaik yang saya bisa. Haha :D sorry for my cupu fashion spread. I’m not a fashion writer for sure

Setelah jadi, hari minggu (setelah UTS) saya kirim ke e-mail yang dituju. Saat itu, saya legaaa banget. Gak mikirin lagi kalau gak diterima juga gimana. Bener-bener perasaan lega banget karena setidaknya udah kirim yang terbaik yang saya bisa. Sisanya, BERDOA. Ini, sih, yang bikin perasaan lega banget (disamping udah usaha semaksimal mungkin). When I prayed, it felt like He already knew my needs and He’s always there to help me. He said that I’v done my best, just be patient and let Him do the rest. So, saya nunggu hari demi hari hingga Selasa saya dapat e-mail dari Gogirl! Magazine, panggilan tes rekrutmen untuk hari Jumat. Uwaaaaaaaaaaw!!!!!! Saat terima e-mail saya lagi di angkot baru mau turun ke kampus. Itu juga karena dikasih tau temen (yang pada saat itu lagi bbm-an sama saya). Dia tiba-tiba bbm kalo saya kepanggil Gogirl juga, karena dia terima e-mail yang subject-nya ada akun e-mail saya juga. Kita berdua kepanggil interview! Berarti CV dan portofolio yang dibuat dengan sepenuh hati itu diterima! aaaakkk! Alhasil, turun dari angkot saya kaya orang gila ketawa-ketawa sendiri.
I thank God banget deh temen saya dapet keterima karena bisa nunjukkin jalan lewat mana ke redaksi Gogirl!. Saya, notaben anak rumahan yang gak tau jalan, merasa senaaaangggg sekali. Apalagi, saat itu orang tua lagi pergi ke luar kota, jadi gak bisa nemenin. Ah.. bener-bener blessing deh!

Oke. Sebelum Jumat, saya prepare semua yang harus dibawa saat tes rekrutmen nanti. Tentunya, gak hanya prepare kelengkapan aja, tapi prepare mental dan fisik juga. sebelum hari "H", saya udah mulai searching apa-apa aja yang ditanyain pas interview plus dandan yang kece. Hey, magang di majalah kece juga harus tampil kece dong?! Remember, orang lain bakalan menilai dari first impression kita, lho! Yes, it might be true that people DO judge a book by its cover. So, make your “cover” looks good for your very first interview.

Jumat pun tiba. Mata kuliah yang cukup penting di hari itu terpaksa saya lewatin demi magang di majalah Gogirl!. Dari Tangerang ke Kebayoran Lama (tempat redaksi Gogirl!) makan waktu satu setengah jam kalo gak macet. I was so happyyyyyy to get there………!!! Pas sampe di sana, masih ada kurang lebih satu jam sebelum tes mulai. Haha, that’s my first impression trick. Saya harus nunjukkin kalo saya niat magang di kantor itu, jadi dateng lebih awal dari jam yang ditentukan.

Kurang lebih pukul 14.30 WIB tes dimulai. Tesnya terdiri dari tes kepribadian, tes inisiatif, dan tes interview. Nah.. untuk tes interview ini bisa dilewati kalo lulus tes kepribadian dan tes inisiatif kayanya. Soalnya, hanya beberapa orang (including me) yang bisa interview, dan yang lain pulang. Again and again and again, saya bersyukur banget kalo Tuhan Yesus sertai saya sampe saya bisa masuk tes interview ini.

Setelah tes interview, masih ada skill test yang menunggu kalo saya lolos. Dan lolos apa nggaknya diumumin setelah satu minggu tes interview Jumat itu. Dalam seminggu itu bener-bener banyak doa dan berserah pokoknya (plus banyak-banyak refresh e-mail :P wkwkwk).

Gimana kelanjutannya? Nah… singkat cerita, saya udah capek cek e-mail mulu sampe jempol kapalan. Pas hari Rabu, pas mau berangkat ke kampus, tepatnya pas nyari sepatu, tiba-tiba notif e-mail hape bunyi. Buru-buru cek dan…….. yaaakkk!! New inbox from Gogirl magz!!! Saya lolos ke tahap skill test yang diadain besok!!! Yippieee…

Pulang dari kampus, langsung prepare semua yang harus dibawa besok. Jujur, besoknya rada takut juga ke kantor redaksi karena untuk besoknya saya tes sendiri, gak ada temen. Berbekal ingatan pas-pasan rute dari Tangerang ke Kebayoran Lama, saya pun berangkat dengan optimis!

Saat tes, udah ada empat orang nunggu (termasuk saya) di ruang meeting. Dan saya baru tau belakangan kalo cuma saya yang magang buat reporter doang, yang lain kalo gak salah graphic designer atau gak copywriter. Tapi itu gak menyurutkan semangat ’45 saya untuk kerjain tes yang dikasih. Waktu itu tesnya dikasih dua topik dan disuruh nulis artikel dari topik tersebut. Total 2 ½ halaman harus bisa saya selesain dalam waktu dua jam untuk dua topik. The problem is…………… saya suka kena ‘writer’s blockitis’ gitu kalo disuruh nulis spontan. Sempet stuck di tengah halaman, gak tau mau nulis apalagi, rasanya mau nyerah aja. Eh… tiba-tiba keinget semangat dari temen-temen (thanks ya semuanya yang udah cemungud-in, kalian luar biasyaaa!). Saya langsung ambil napas, buang, dan…………… nulis lagi. Saat itu cuma bisa semangatin diri sendiri plus motivasi diri sendiri. Iya, saya  harus bisa ngeyakinin diri sendiri kalo saya bisa selesain tulisannya.

Tik tok tik tok.. Time passed quickly. Dua jam gak kerasa berlalu, otak terkuras, dan akhirnya mbak Tria (orang HRD yang ramah bingit) pun dateng ke ruang meeting dan kasih tau kalo tes sudah selesai. Untungnya, saya juga udah selesai tinggal rapih-rapihin aja. Huffftt…
Udahannya, dikasih tau kalo tes udah selesai dan akan diinformasikan paling lambat seminggu setelah tes ini. yaaakkk…. Tes magang di Gogirl emang mompa jantung dan menguji kesabaran sekali, saudara-saudara! Tapi gak apa-apa… at least, saya sudah lolos tes sejauh ini juga udah nunjukkin kalo diri saya bisa, kan? Rasanya.. mau ketawa-ketawa deh kalo tau sebelumnya saya hampir kalah perang duluan karena kebanyakan takutnya mau lamar diri ke Gogirl! magz.

Esok harinya, gak nyangka banget mbak Tria telepon saya yang saat itu lagi mau turun dari bus (baru mau ke kampus). Singkat cerita, beliau minta saya magang di Juni. Tapi sayangnya masih ada kuliah……. Hiks hiks.. terus gimana nih kelanjutannya? Keterima, nggak? Jadi magang di Gogirl! magz, gak? Yeah….I hope so. We’ll see a month later, okay? Poin utamanya, sih, yang penting berani nyoba sesuatu yang Anda gak yakin Anda bisa, belajar dari kekurangan, dan keep fighting! Oh!! Yang paling penting, sih, berdoa. Man... you can't do anything without God! I can guarantee 100%. Apapun hasilnya, at least Anda udah berusaha dan serahin semuanya sama Tuhan. He knows the best, guys.

Btw, I’ll post about my internship experience on the next post!
Semoga sukses!

*bersambung…*

Comments

  1. Replies
    1. hai ayu. saya jadinya magang di Beritasatu.com. Udah tulis juga pengalamannya di postingan lain. Hehe.

      Delete

Post a Comment