PKL OH PKL !! (BAGIAN 1)

Cuma ingin berbagi dan mungkin mewakili para pelajar SMK mengenai cerita suka dukanya pada saat melakukan PKL.
Sebelum saya panjang lebar ngebawel dan nyerocos membahana …. Mo nanya dulu nih.  Tau PKL gak ?  
Saya share deh sedikit..
PKL itu singkatan dari Praktek Kerja Lingkungan (biasa disebut magang/psg) yang dimana para pelajar SMK (kelas 2) diharuskan mempraktekan kurikulum yang telah diterapkan di sekolah ke dunia industri.
Sekarang saya mau cerita dari awal mula-mula bagaimana dunia itu diciptakan *lah lah

Oke. Serius. 

Jadi, pada bulan Maret-April saya beserta teman saya : Dian, Nadine, Elroy dan Wiria ditempatkan di sebuah perusahaan industri makanan bernama PT. Subafood Pangan Jaya. Pembimbing kami adalah Pak Masnin- ketua jurusan akuntansi.
Tapi… sebelum-sebelumnya… saya mau cerita bagaimana saya bisa dipertemukan di perusahaan yang sama sekali bukan tujuan bahkan pilihan saya untuk prakerin .
Bulan-bulan mendekati PKL semua murid udah pasti pada sibuk sana-sini cari tempat PKL sama ka Bo*** (disensor!)
Semenjak ini, ka Bo*** jadi artis mendadak. Karena tiap jam,menit dan detik dia selalu dikunjungi (yah kalo pada kenyataannya sih dihantui ) murid-murid dahsyat yang mengguncangkan ruangan ka bobby… kita semua melanglang buana, bergandeng tangan, berteriak histeris dan membahana bahkan salto di udara..
tujuan kami hanya satu.. *mendadak lampu padam, muka di zoom  5x* Kami hanya meminta jatah tempat PKL!!! Sedangkan ka bo***….... dia merasa keren dengan ketenarannya di kalangan murid kelas 2, SMK Bhakti Anindya saat ini. 

Hm… saya juga bingung mo cerita dimana. Terlalu banyak kata yang ada di pikiran saya saat ini.
Pokonya… awal-awalnya saya ditempatkan di sebuah perusahaan otomotif yang denger-denger perusahaan terbaik lah yang disediakan sekolah. Denger-denger juga di perusahaan itu dikasih ongkos, uang makan, sama gaji yang terbilang cukup besar. Denger-denger lagi kerjaannya juga sesuai dengan jurusan. Denger-denger juga sih Johny Depp makin sexy.
And then, saya seneng banget dengernya. It’s all about my luckiness :DDD

Saat itu teman yang merangkap jadi pembantu saya, Dian, ditempatkan di kantor sebuah provider gitu. Tapi entah kenapa, mungkin Karena dia juga ngefans sama Johny depp, dia pun satu tempat PKL sama saya. Saya tambah girang.
Hingga pada akhir kegembiraan itu tiba. Dimana saiiiaaah beserta diyaaan dan 5 ceman-ceman lainnya di-interview di perusahaan kece itu. (Oh ya.. perusahaannya jauh bangeeet -_- harus naik 3 atau 4 kali angkot ke sana…  )
Yang nge-intterview bilang bahwasannya dari kami yang hadir di situ, yang diterima hanya 2 orang. BAYANGIN!
Dari 5 orang, yang ketrima Cuma 2. Dan saya beserta dian bukan yang termasuk :(
Bener-bener kecewa. Frustasi . udah ga tau lagi mesti PKL dimana karena ngiranya udah pasti di situ. Mana udah deket sama bulan mau PKL ya kan…
Sempet nangis gara-gara kecewa. Udah cari perusahaan kemana-mana .. dan akhirnya saya dan dian ditempatkan di perusahaan PT. Subafood Pangan Jaya.
Banyak temen-temen yang nanya ini-itu. Yang sedikit ngelecehin juga ada.
Pokoknya di pikiran saya udah terlontar berbagai macam pertanyaan…
Saya hanya doa dan menyerahkan semuanya sama Tuhan Yesus. Ada satu keyakinan di dalam diri saya yang bilang : “Tuhan gak mungkin kasih yang jelek. Dia tau apa yang terbaik buat anakNya.” And I believe that with all of my heart! Mereka boleh ngerendahin, tapi sekali lagi, saya percaya apa yang Tuhan sudah lakukan adalah pemberian buat saya yang PALING BAIK !  Mata dunia tidak akan pernah tau itu.

Hari survey ke perusahaan tersebut tiba.
Perusahaan itu sangatlah dekat dengan rumah saya. Kalian tau, saya hanya perlu mengeluarkan ongkos seribu ke sana ? yah. Jesus is so good. Thank God!
Masuk ke ruangan HRD penuh ketegangan bareng Dian.
Awal masuk ke situ agak tegang juga. Bermacam-macam pertanyaan udah menjalar memasuki otak dan hati.
Saya ditempatkan di bagian HRD dulu  sebulan dan bulan selanjutnya saya melanjutkan di bagian promosi.
Begitu juga dengan Dian. Jadi kami ganti-gantian.
Di bagian HRD kerjaannya lebih ke jurusan Administrasi Perkantoran. Kalau bagian Promosi desain-mendesain. Nah ! see ? Tuhan Yesus itu baik banget kan ?? 1 sisi saya  belajar banyak hal yang gak saya tau di HRD. Satu sisi lain saya belajar sekaligus menerapkan keahlian jurusan saya di bagian promosi.
Di sinilah saya ambil positifnya. Saya jadi berpengalaman lebih banyak. Thank God !

Suka dan Duka
Bagi saya sih kebanyakan dukanya.. ahhaahaha. Jujur deh, dengan adanya PKL segala kegiatan mengasyikkan harus tertunda!
Mo hang out bareng temen-temen susah! mau nonton drama korea gak bisa! Mau lanjutin novel ,big CAN’T !  Setiap pulang PKL harus kerjain setumpuk tugas antah-berantah dari guru-guru tercinta ini :P
Tiap hari lowong –sabtu &  minggu- selalu diisi dengan kegiatan silang-menyilang LKS! Kerja kelompok! Dan lain sebagainya… THERE IS NO SPARE TIME!!!!!!!
o God! Thank again!
Terus nih, saya harus siap menghadapi segala wajah-wajah mengkerut di kantor. Harus siap kalau bakalan ada yang jutekin, cuekin, cubitin *eh .
Pokoknya… it’s always been bad deh kalo mau diliat pake mata.
So, I mean, we have to feel it with heart. Baru deh ketemu moment ‘suka’ nya. Layaknya kita bisa nambah-nambah ilmu dari sekitar, kenalan sama temen-temen baru, gak belajar di sekolah (hehe), dapet makan siang (gratis cyinsss), apalagi kalo waktu lagi lowong. I do what I love and love what I do ! :D 

1 hal yang paling saya inget. On april 19th day , I’v passed my birth day in the day I was there… 

*BERSAMBUNG*  (tetep ikutin yaa.... pasti penasaran kan ? ya pasti dong. . ada foto2nya nih di post selanjutnya huaakakaka *ketawa membahana*  kenapa ? gak seneng? baca tinggal baca ! )

Comments

  1. ssst..
    PKL tuh Praktek Kerja Lapangan syeeeeee..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. dua bulan kalo nggak salah. satu bulan bantuin tim HRD, satu bulan di tim multimedia.

      Delete

Post a Comment