Indonesian Curly Girls United at Kriwil Indonesia Meet Up!!!


Kriwil Indonesia Meet Up (15/7/18). Foto: Kriwil Indonesia
Singkatnya, pada hari Minggu, 15 Juli 2018, aku bergabung dengan event “Natural Hair : Meet up and Celebration” yang diselenggarakan oleh Kriwil Indonesia (ig: @kriwil.ind). Pelopor acara ini sendiri adalah Gracia Indriani (ig: @graciaindr), sosok beauty vlogger yang aku kagumi dan banyak ngebahas tentang perawatan rambut keriting. Aku udah follow akunnya hampir dua tahun kayaknya sih..


Me 'n Gracia 

Dan aku seneng banget ternyata ada orang yang bener-bener sebegitu pedulinya untuk encourage orang-orang berambut keriting supaya percaya diri dengan rambut alaminya, bahkan sampe bikin acara meet-up kaya gini. Tahu sendiri, di Indonesia, orang berambut keriting masih suka didiskriminasi dan di-bully. Belum lagi, perawatan rambut keriting masih minim banget di media-media di Indonesia, termasuk produk-produknya. Therefor, acara ini diperuntukkan untuk menyemangati dan mengedukasi kita yang berambut keriting supaya percaya diri.

Kenapa ikut acara ini?
Jadi, guys... Beberapa bulan ini aku sering merasa jenuh. Dan, aku memutuskan untuk bisa cari "pelarian" dari rasa kejenuhan aku dengan ikut acara yang inspiring gitu, karena aku nggak mau dibunuh rasa kejenuhan yang bikin aku nggak produktif. Wajar loh kalau manusia itu ngerasa jenuh, apalagi ketika dihadapkan dengan suatu titik yang ngebuat diri kita kesel dan emosi. Jenuh itu bukannya nggak bersyukur... It depends on how you overcome that feeling. 

Tadinya aku males ikut acara di luar Tangerang, apalagi hari Minggu, di mana besoknya bakal kerja lagi. Tapi, aku mikir, kayaknya aku selama ini terlalu terkungkung dengan kemalesan yang buat aku keenakan tinggal di comfort zone. Aku jadi kurang bersosialisasi dan terlalu fokus ke kerjaan kantor. Padahal, selama ngantor, kita tuh tetep punya kebebasan untuk networking, kan?! Makanya aku ikut acara ini. Aku yakin banget meet up ini nambah relasi buat aku. 

Kayak gimana tuh acaranya?
Nah, acara ini bertempatan di Paviliun 28, Jakarta Sel dan dihadiri sekitar 45 curl babes dari berbagai kota, seperti Depok, Bandung, Bogor, Jakarta, Tangerang, dan lainnya. Di acara ini, kita ngikutin semacem seminar kecil dari Gracia tentang anything we need to know about curly hair, mulai dari tipe-tipe rambut keriting, tingkat density, prosity, sampe how to treat our curls properly.


Foto: Kriwil Indonesia

Foto: Kriwil Indonesia


Selanjutnya, kita juga sharing pengalaman memutuskan untuk go natural with our hair. Mulai dari cerita diejek punya rambut keriting sampe akhirnya sayang banget sama rambut sendiri. Ada yang berbagi cerita dari diejek keluarga sendiri, ada yang sempet dibotakkin, dan lain-lainnya. Di sesi inilah kita semangat lagi dan juga banyak tertawa denger cerita temen-temen yang di-bully. Bukannnya menertawakan penderitaan orang, but we’re all in the same shoes. Dan kayaknya hampir semua dari kita itu rambutnya pernah di-smoothing atau di-bonding karena nggak pede dan “dibunuh” dengan beauty standard yang dibangun media. Miris banget, kan?!

Kesannya gimana ikut acara ini?
Kesan aku ikut acara ini adalah…. AKU SENENG BANGET! Karena di acara itu, aku bisa lihat kumpulan cewek-cewek cantik dan percaya diri dengan rambut keritingnya ngumpul dalem satu ruangan. Gemes banget deh liat rambutnya! Karena jujur aja, aku sendiri jarang liat cewek-cewek berambut keriting dalam satu ruangan. Sekalinya liat, pasti aku liatin terus rambutnya karena ngerasa “ih rambutnya sama…”. Makanya itu, langsung heboh pas liat seisi ruangan penuh rambut semua. Eheheheheh. Terus aku juga jadi tau produk-produk yang temen-temen di sana gunain apa aja.
Pokoknya, aku bangga juga sama diri aku karena aku bisa menepati salah satu resolusi 2018 aku untuk step out of my comfort zone. 





Comments