Cerita Si Reporter Magang (bagian 1)

Canggung, minder, kagok, takut, nervous, excited, happy… ini yang saya rasain sewaktu magang kali pertama sebagai reporter magang dari beritasatu.com. Ini portal berita sejenis Kompas.com yang dibawah naungan Berita Satu Media Holdings. Fyi, Berita Satu gak hanya online, tapi juga ada versi pay TV-nya.

Sebelumnya, saya sempat posting tentang pengalaman interview di Gogirl, tapi karena satu dua hal akhirnya saya gak jadi di sana. But, THANKS GOD, Dia kasih tempat magang yang lebih baik. Saya belajar banyak hal selama sekitar tiga minggu magang, terhitung dari 6 Agustus 2015 sampai kini. Selama berminggu-minggu, saya merasa benar-benar keluar dari comfort zone saya.

Everything goes beyond my expectations...
You know.. Di postingan saya sebelumnya, saya sempat bilang kalau alasan saya magang di majalah karena gak ingin dikejar deadline tiap hari. Saya juga bilang kalau suka membahas rubrik entertainment dan lifestyle. But, now, everything goes beyond my expectations.

Gini ceritanya……
Beritasatu.com. yknow, what? I MEAN, HELLO THIS IS ONLINE MEDIA, which means everyday is a deadline. Every hour is worth. Tiap hari selalu ada berita yang langsung harus saya buat dan kirim ke editor. Jadwal liputan harian dikasih tiap pagi dan kadang topiknya yang saya gak tau sebelumnya. Jadi, saya cuma punya waktu sebentar buat pahamin topiknya apa. Capek gak capek, ngerti gak ngerti, semua harus dikerjain (and because of it, I quite believe that time is money).

Di magang pertama, topik bukan tentang lifestyle, apalagi entertainment. Waktu itu saya ditugaskan untuk liputan di gedung BII, Sentral Senayan 5, Jakarta, tentang jumpa pers untuk acara BII Maybank Bali Marathon (BMBM).

Jujur, saya masih buta banget sama jumpa pers dan dunia per-jurnalistik-an. Also, I had no idea about BMBM, what is it, what for, what kind of sport even is it... Di beritasatu.com, anak magang langsung dilepas alias liputan mandiri. Gak ada, tuh, yang namanya ditemenin wartawan senior, bahkan sesama reporter magang. Maka dari itu, terjun di lapangan langsung dengan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik yang minim, saya merasa seperti bayi baru lahir, tapi udah disuruh jalan.

Tapi, bukan Syeba namanya kalau langsung menyerah gitu aja tanpa mencoba.. hehe. Gak ada alasan untuk gak tau apa-apa selama ada internet, kan? Apalagi wartawan. Punya banyak pengetahuan itu HARGA MATI. Dengan modal berani, percaya diri, dan jiwa kewartawanan yang suka nanya-nanya, berita di tentang BMBM pun rampung dan udah diterbitkan “Berhadiah Rp2 M, Bali Marathon Diikuti 5000 Peserta” . (P.s : Awalnya pun saya masih keteteran buat berita dalam beberapa jam).

Singkatnya, banyak PENGALAMAN LUAR BIASA selama hampir tiga minggu ini. Gak bermaksud sombong, tapi pamer (hehe), saya senang dan bangga banget udah menjelajahi hampir semua rubrik di beritasatu.com, seperti olahraga, nasional, hiburan, kesra, makanan dan wisata, sampai rubrik yang paling saya hindari sedunia -> EKONOMI. Gak hanya itu, pengalaman wawancara banyak orang jadi tantangan tersendiri bagi saya. Dari wawancara pedagang bendera merah putih sampai walikota pun udah pernah. Dan ini dilakukan secara DOOR STOP, wawancara langsung di tempat. So, saya harus curi waktu buat bikin pertanyaan selama acara berlangsung. Ini bener-bener kebanggaan tersendiri bagi saya. Sungguh… Maksudnya, selama ini saya terlalu nyaman dengan apa yang saya mau dan takut nyoba hal baru yang lebih menantang. Dan sekarang, Tuhan Yesus kasih kejutan yang UNPREDICTED, UNEXPECTED, UNBELIEVABLE. Apa yang saya minta sebelumnya diganti TOTAL jadi apa yang DIA mau. Iya, deadline tiap hari, topik yang berat-berat.. That's all amazing.

Luckily, selama berkecimpung di topik yang cukup berat, saya juga dikasih kesempatan untuk liputan yang ringan-ringan. Waktu itu, saya meliput launching restoran hotdog baru di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ( “Oh My Dog Sajikan Hot Dog Lebih Bervariasi” ). Jelas, di sini saya makan gratis dan nyobain hotdog dan french fries yang enak bingits.

Cheese Hot Dog "Oh My Dog"

DAAAN... Yang paling menghibur dari itu, saya dikasih kesempatan untuk meliput KONSER ARIANA GRANDE di Jakarta!! (makasih buat Mbak Nadia…)Yup. Tepatnya pada Rabu, 26 Agustus, di JiExpo Kemayoran, Hall B-C, Jakarta, saya meliput konser si mini Mariah Carey bertajuk “The Honeymoon Tour”. Seneng banget, deh, pokoknya. Dari zaman ABG labil sampai sekarang ingin banget meliput konser sebagai wartawan. Apalagi saya termasuk penggemar lagu-lagu Ariana Grande. Waktu di sana pun saya lebih banyak joget + nyanyinya daripada nulis-nulis kejadian apa aja pas konser. Hahahaha.
Salah satu link berita mengenai konser Ariana: "Buka Konser dengan “Bang Bang”, Ariana Grande 'Pecahkan' Suasana Konser"

High voice, attractive stage action, and hair that's always played by her. Yes. Those are the expertise of Ariana.
 (DyandraMas Entertainment, Jakarta, Rabu, 26/8
Oh, ya… sebelum konser, saya senang banget bisa ketemu wartawan dua ini, that is.. Diandra dan Mas Bomas. They’re so funny. :D  this is our photo :
Selesai konser Ariana Grande kami duduk bentar sangking capeknya berdiri berjam-jam. Kiri: Mas Bomas, Kanan: Diandra. (Syeba, Jakarta, Rabu, 26/8)

This is not about what I like, but this is about what is best to me..

Saya bersyukur ditempatkan di beritasatu.com, di mana saya belajar menjadi reporter yang gak cengeng, but TOUGH. Di sini, saya benar-benar merasa hidup di dunia kerja gak gampang, jadi reporter itu kehidupannya (sometimes) keras. The point is… I feel blessed during the internship. Saya ketemu banyak orang cerdas dan inspiratif dari tempat-tempat liputan. Saya belajar jadi orang yang open-minded dan pastinya dituntut untuk jadi CERDAS. Dan HEBATNYA, setiap magang, saya selalu dipertemukan wartawan-wartawan yang baik dan selalu menolong saya.. entah dalam perjalanan pulang, entah dalam pembuatan berita. I always find those people..thanks for your kindness, guys..whoever you are..

But, seriously, I want to tell you that Jesus' plan is very beautiful in my life. He already formed me to be a better person.. Ada saat di mana ada urusan di hidup kita yang gak bisa kita atasin, tapi cuma Tuhan yang bisa atasin. Di saat itulah saya percaya dan menyerahkan semuanya ke dalam tangan Tuhan. Walau berat rasanya, tapi jalan Tuhan itu lebih indah dari apa yang kita bayangin.

Ini pengalaman saya bulan ini. I’ll tell you about my another experience in September.

Ini beberapa link dari berita yang saya buat dan di antaranya juga favorit saya :)
Wawancara pedagang:
Penjual Bendera Merah Putih Masih Untung

Wawancara anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional:
Presentase Rujukan Puskesmas Pada Peserta BPJS Tidak Ideal

Wawancara Walkot Banda Aceh:
Walikota Banda Aceh: Dari Islamic Cyber City Jadi Islamic Smart City


Oh, this is additional information from me.. hope it's useful.
An important note to be an intern (especially a reporter):
  • Harus inisiatif nanya-nanya kalau gak ngerti,
  • Banyak belajar dari orang sekitar,
  • Jaga kesehatan tubuh,
  • Be strong, be tough. Dunia kerja keras.
  • Harus disiplin, militan, dan juga friendly sama semua orang

Bye, thx for reading.
Cheers,

Syeba

Comments

  1. hai!
    aku mau tanya dong hehe untuk apply magang reporter di berita satu gimana ya?
    Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim CV ke redaksi atau telp aja ke +62 21 2995 7500 :)

      Delete
  2. Wah tulisan keren, Syeba. Dapet sedikit gambaran ttg dunia wartawan magang.
    Btw, ceritain juga dong proses sebelum diterima magang di Beritasatu.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for reading.
      hemm.. seperti biasa hubungin orang di redaksi yang bersangkutan, bakal di-interview lebih dulu, bawa portofolio, dan lain sebagainya.

      Delete
  3. hay syeba thx ya berkat artikel yang kamu buat aku jadi punya gambaran buat mulai magang di Berita Satu, btw aku juga udah apply internship di Berita Satu dan puji syukur aku udah diarahin sama mereka di 2 pilihan yaitu reporter dan marketing communication tapi sebelum itu kan melewati interview dulu, kira kira setelah di interview ada pemberitahuan kita diterima atau enggak nya lagi ya? thx yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. glad to hear that :)
      iya pasti ada pemberitahuan dari atasan yang interview kamu. Karena pas aku usai interview langsung dikasih tau jadwal liputan kapan aja. Good luck!

      Delete
  4. halo kak, ceritanya menarik
    mungkin udah agak basi ya, tp aku mau nanya waktu kakak ngirim lamaran magang, nunggu smp dapet responnya brp lama kak? trs dikontaknya via apa? terakhir, apakah hrs ada pengalaman di bidang terkait utk bs ktrima magang jd reporter di beritasatu? terimakasih sblmnya kak. sukses terus:)

    ReplyDelete
  5. halo kak, ceritanya menarik.
    mungkin agak basi ya. tp aku mau nanya, wkt kakak ngirim lamaran magang, jarak smp lamaran kakak di follow up brp lama? di follow up nya melalui apa kak? terimakasih sblmnya kak. sukses selalu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga.
      Sorry ya baru bisa bales skrg. Aku waktu itu kirim lamaran lgsg ke redpelnya sih. Karena kan kakakku kerja di sana juga jd tinggal dikasih tau aja kirim emailnya ke siapa.
      Terus sekitar satu hari, dibales sih. Disuruh dateng ke kantor dan diinterview.

      Delete

Post a Comment